Rapat Koordinasi Penataan Kawasan Perkotaan Kabupaten Majene

Rapat Koordinasi Penataan Kawasan Perkotaan khususnya di wilayah lingkungan Cilallang kembali digelar jumat 1 Maret 2019. Di kesempatan itu, Bupati Majene Fahmi Massiara memaparkan beberapa hal yang menjadi ilustrasi pengembangan kawasan di pesisir laut tersebut.

Fahmi menjelaskan pengembangan dan penataan di pantai Cilallang telah lama direncanakan.  Dokumen yang terkait dengan kajian amdal dan juga beberapa kelengkapan lainya telah siap, sehingga pembiayaan, untuk pembangunan tahap awal juga sudah dikonsultasikan langsung ke Pusat. Untuk tahap pertama akan dibangun jalan sekira 400 meter yang menelan anggaran Rp 10 Milyar, dengan skema awal, tanggul yang ada saat ini bakal digeser kedepan, kemudian kurang  dari 18 meter keluar  akan ditimbun untuk pembangunan jalan dua arah.

Untuk area tambatan perahu nelayan akan dibuatkan kolam besar yang bisa menampung ratusan perahu. Didepan akan ada pintu pintu masuk yang bisa dilalui bahkan para pengepul ikan juga bisa beraktifitas di areal tersebut. Ia juga mengatakan, kelak area itu bisa dimanfaatkan sebagai objek wisata baru karna akan ditata dan dipasangi lampu. “kita masih akan berjuang dua atau tiga tahun kedepan untuk pengembangan ini, pantai Cilallang akan ditata, dibuat terang, bercahaya dan bisa menjadi objek wisata baru” terangnya.

Mantan Camat Banggae Timur ini juga menegaskan, harapan dari rencana ini akan  bermuara kepada perbaikan infrastruktur diwilayah tersebut. Diantaranya agar para nelayan ini disepanjang pantai Pangaliali, Cilallang hingga Tanangan, mendapat perlindungan atau proteksi disamping itu infrastruktur jalan bisa teratasi. “ karna kalau kita amati beberapa tahun belakangan, kalau kita lewat sudah sempit perlu pembenahan, dan harus lebih banyak kita diskusikan lagi “terang Fahmi.

 

PPK Sungai dan Pantai Satker  SNVT PJSA Badan Wilayah Sungai Sulawesi III Muh Asdar mengatakan, untuk penataan kota sebelumnya telah diajukan oleh Bupati Majene ke Dirjen. Setelah mengunjungi dan memantau kondisi yang ada dipantai, memang perlu dilakukan pengembangan. Bappenas telah membuat desain, sekaligus pengembangan kota yang kelak akan menjadi ikon Kab Majene.

“ tata kota yang di rencanakan akan sangat baik, kam berharap kedepan masyarakat dan pemerintah akan mendukung demi kelancaran pembangunan dipantai Cilallang nantinya” harap Asdar.

Rapat koordinasi dilaksanakan di Kantor Bapeda Majene yang menghadirkan berbagai stakeholder terkait.

🔥375

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here