Pembukaan Seleksi Tilawatil Quran Hadist (STQH) VIII 2019.

Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar membuka secara resmi pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran Hadist (STQH) ke VIII tingkat Provinsi Sulawesi Barat tahun 2019. Pembukaan dilaksanakan di Halaman Rumah Jabatan Gubernur Sulbar Minggu 28 April malam, dan berakhir pada satu Mei 2019.

Menurut Ketua LPTQ Sulbar  yang juga Sekertaris Provinsi Sulbar Muh Idris DP, peserta STQ bersama musabaqah al hadist sebanyak 150 orang dari 6 kabupaten. Setiap peserta mengikuti 4 cabang lomba dan 10 golongan. Cabang tersebut diantaranya, Tilawatil untuk kategori  anak-wanita, dewasa pria dan wanita. Hifdzil Quran untuk  kategori 1 juz, tilawah pria dan wanita. Penghafal hadist  golongan 5 juz tilawah pria wanita, golonggan 20 juz , dan 30 juz. Sementara untuk  Tafzil quran bahasa arab, musabaqah tilawah 100 hadist pria wanita, serta penghafal 500 hadist tanpa syarat pria dan wanita.

Mufli B Fattah Kepala Kanwil Kemenag Sulawesi Barat mengatakan pelaksanaan  STQH merupakan kesempatan semua kepala LPTQ untuk menyampaikan berbagai kemajuan dan harapan, termasuk memperkuat lembaga LPTQ di enam kabupaten. “ STQH merupakan  pembinaan keagamaan, yang memiliki pengaruh yang signifikan untuk peningkatan pemahaman, pengamalan ajaran agama islam “ ungkapnya .

Senada dengan hal tersebut, Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar juga berpesan agar pelaksanaan STQH Sulbar yang menjadi program berkala akan memberi manfaat, karna selain memahami dan mengamalkan kitab suci, juga  meningkatkan ibadah, bertaqwa sesuai dengan syariat islam. Mantan Bupati Polman dua periode ini juga mengatakan keberhasilan STQH bukan dilihat dari semaraknya atau pretasi yang di raih,  akan tetapi membangun karekter dan mental spiriltual. “ malaqbi pikiran, malaqbi perbuatan apalagi mendekati bulan suci Ramadhan ini” terangnya.

 

🔥129

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here