Pemerintah Kabupaten Majene menggelar upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun 2019 dihalaman kantor Bupati Majene sabtu 1 Juni. Sesuai kebijakan pemerintah, maka Aparat Sipil Negara (ASN) wajib mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila, meskipun sudah masuk suasana libur Lebaran dan pada  tanggal 1 Juni 2019 jatuh pada hari Sabtu atau hari libur namun mengikuti upacara merupakan sebuah kewajiban.

 

Terlihat sejak pukul 07.00 pagi, para ASN lingkup Majene sudah berdatangan ke lokasi upacara, termasuk mengisi absensi di masing-masing OPD. Salah satu ASN Majene Marini mengatakan, setelah upacara ini, dirinya bersama keluarga baru akan mudik ke tempat tujuan. “ kita harus jalankan kewajiban dulu, kalau hari ini tidak upacara mungkin kemarin selepas jam kantor saya sudah mudik” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Nurasia salah satu ASN lingkup Pemkab Majene, setelah melaksanakan upacara dirinya langsung menuju kampung halaman, untuk merayalan hari raya Idul Fitri bersama keluarga. “ meski hari ini libur karna hari sabtu, tetapi kita tetap di wajibkan untuk mengikuti upacara” jelasnya.

Selain para ASN yang mengikuti upacara, unsur TNI, Polri organisasi kepemudaandan perwakilan siswa siswi SD, SMP dan SMA turut hadir sebagai peserta upacara.

Bupati Majene yang membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI  Hariyono menyebutkan Pancasila sebgai dasar Negara, ideologi Negara dan pandangan hidup bangsa yang di gali “ para pendiri bangsa” merupakan suatu anugrah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia. Walaupun kita sebaga bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, namun patut di akui bahwa eksistensi ke Indonesiaan baik sebagai bangsa maupun negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila. Untuk itu semua pihak harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara dan padangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indoensia.

 

🔥5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here