Sosialisasi & Lokakarya Pembangunan Kawasan Agroindustri di Kab. Majene Sebagai Komoditas Unggulan di Majene.

Pengelolaan sektor pertanian di Kabupaten Majene makin mendapat perhatian dari berbagai pihak. Salah satunya dari Dompet Dhuafa, yang meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Majene untuk di fasilitasi dengan para petani di Bumi Assamalewuang. Dalam hal ini, Dompet Dhuafa tertarik mengembangkan sistem pemasaran dari hasil pertanian di daerah ini.   Mengingat  selama ini, para petani hanya fokus pada metode petik – jual, sementara yang di harapkan agar para petani bisa melaksanakan konsep petik, olah, jual.

Hal tersebut mengemuka saat Sosialisasi & Lokakarya Berkaitan dengan Pembangunan Kawasan Agroindustri Kelapa di Kab. Majene Sebagai Komoditas Unggulan di Majene, Kamis 11 Juli di Kantor BPP Tunda. Acara tersebut juga di prakarsai oleh Habibi Institut.

Bupati Majene Fahmi Massiara yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, turut mengapreasiasi. Ia  mengatakan selain konsep petik – jual, masih ada kendala yang dihadapi oleh para petani.  Mereka (petani) sudah banyak yang berhubungan langsung dengan para tengkulak. Ia menambahkan keseriusan Dompet Dhuafa tersebut akan di tindak lanjuti Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Majene melalui Bumdes masing-masing desa. “ beberapa waktu yang lalu rombongan dari Habibie Centre, Dompet Dhuafa sudah bertemu dengan kami,  Inti dari pertemuan tersebut, agar  bagaimana bisa bertemu dengan para petani “ terang Fahmi diacara tersebut.

 

Ia juga mengatakan sudah sepantasnya prodak hasil olahan pertanian di perkenalkan. Dengan membuat brand lokal Majene, semisal Kopi Tallambalao dan sebagainya. Menurut Fahmi masih banyak tanaman keras lainnya yang ada di Majene, bukan hanya kelapa, ada kemiri, cengkeh, kopi & coklat. “ Kemarin di Dinas PMD juga telah melaunching beberapa produk lokal seperti kecap,  tentu yang harus jadi perhatian agar semua produk tersebut didaftarkan di BPOM RI “ pungkasnya.

Selain Bupati Majene Fahmi Massiara,  turut harid Kadis. Pertanian, Perkebunan & Peternakan Majene, Yudha Abadi dari Dompet Dhuafa Social Enterprise serta undangan lainya.

 

🔥10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here