Selain pemberian alat olah pertanian serta perlengkapan zona nilai tanah, momen upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) Tingkat Kabupaten Majene yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati  Rabu 17 Juli, juga  isi dengan penyerahan penghargaan. Di awali dengan pemberian penghargaan dan penyematan lencana Manggala Karya Kencana Oleh Kepala BKKBN  perwakilan Sulawesi Barat Andi Rita Mariani Basharoe kepada Bupati Majene Fahmi Massiara. Hal tersebut merupakan tindak lanjut setelah dua minggu yang lalu, Bupati Majene bersama 74 pimpinan daerah se Indonesia (Gubernur, Bupati / Walikota), menerima penghargaan MKK dari Kepala BKKBN RI dr. Hasto Wardoyo, Sp. Obg. Penyematan lencana dilakukan oleh Menko. Bidang Pembangunan Manusia & Kebudayaan RI Puan Maharani, di Kawasan Perkantoran Pemerintah Prov. Kalimantan Selatan Kota Banjabaru.

Fahmi mengapresiasi BKKBN perwakilan Sulbar, atas hasil pengamatan dan penilaian tersebut. Ia juga menyampaiakan, salah satu keunggulan di Majene karna program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pengembangan Keluarga (KKBPK) selalu menjadi prioritas. Jika di daerah lainya, KKBPK hanya digabung dalam Dinas tertentu, namun di Kabupaten Majene, KKBPK tetap menjadi Dinas yang utuh. “ kalau di daerah lain, program keluarga berencana hanya di gabung ke bidang lain atau dinas lain, tapi kalau Majemne sejak dahulu selalu menjadi Dinas secara utuh” terangnya. Selain itu jumlah mitra kerja yang dilibatkan dalam pelaksanaan KB serta presentase dukungan APBD operasional KKBPK terhadap  APBD dalam 2 tahun terakhir (diluar DAK) mendapat penilaian yang baik.

Sementara itu, usai keikutsertaan pemeritah Kabupaten Majene dalam asosiasi pemerintah kabupaten seluruh Indonesia (APKASI) Expo 2019 di Jakarta Convention Center 3-5 Juli lalu, Pemda Majene juga memperoleh penghargaan dari ketua umum APKASI. Dihadapan para peserta upacara, Bupati menyerahkan sertifikat tersebut Ketua Pelaksana APKASI Otonomi Ekspo 2019 Kabupaten Majene Busri K, yang juga  Kadis Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Majene.

Keikutsertaan Pemerintah Kabupaten Majene tersebut, merupakan yang keduakalinya. Pemda melalui OPD terkait memamerkan berbagai produk khas Majene mulai dari sarung sutera, gula merah, souvenir ‘sandeq’ perahu khas suku Mandar, kerajinan tangan, kue-kue hingga berbagai hasil pertanian.

 

🔥13

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here