Rapat Monitoring & Evaluasi Program dan Kegiatan Pembangunan Triwulan II Kabupaten Majene.

Untuk mengetahui hasil capaian pelaksanaan kegiatan pembangunan oleh para perangkat daerah, Pemerintah Kabupaten Majene melalui Bapeda Majene menggelar rapat monitoring dan evaluasi program kegiatan pembangunan triwulan II, Senin 22 Juli 2019 bertempat di ruang pola kantor Bupati.

Dari hasil  evaluasi yang dilakukan Bapeda,  menunjukan bahwa terjadi peningkatan serapan anggaran APBD 2019 pada triwulan II, bila dibandingkan dengan tahun 2018 diperiode yang sama yaitu sebesar 3,12 %. Sementara serapan anggaran APBD tahun 2019 pada triwulan ke II meningkat signifikan bila dibandingkan dengan triwulan I, dimana realisasi pada triwulan II sebesar 35,94 % dan triwulan I sebesar 11,13 % atau meningkat sebesar 27,93 %. Meski demikian peningkatan tersebut masih belum optimal karena pencapaian realisasi keuangan masih dibawah target yang telah ditentukan yaitu 50 %.

Sekertaris Bapeda Muchlis mengatakan masih banyak OPD yang belum mencapai target pada triwulan ke II ini “ Laporan yang masuk ke Bapeda belum sesuai target, yang seharusnya  serapa anggaran 50 % untuk fisik dan 50 % untuk keuangan” ungkapnya

Untuk dana alokasi khusus (DAK) tugas pembantuan dan dana lainya mengalami penurunan khususnya realisasi keuangan dan fisik bila dibandingkan dengan tahun 2018 di periode yang sama. DAK mengalami penurunan sebesar 6,01 % atau realisasi keuanganya baru mencapai 7,82 %. Sementara tugas pembantuan dan dana lainya turun 19,06 % atau ter realisasi 4,03%.

 

Bupati Majene Fahmi Massiara yang ikut dalam rapat tersebut mengatakan, Hal tersebut perlu menjadi perhatian bersama, mengingat proses pencairan DAK tergantung dengan realisasi anggaran yang telah di transfer oleh pusat dan akan menentukan besaran transfer pada triwulan selajutnya. Ia meminta kepada pihak terkait agar menjelaskan secara detail permasalahan yang di hadapi sehingga terjadi penurunan realisasi anggaran baik DAK maupun TP pada tahun ini. “ kita akan carikan solusinya, kenapa ada penurunan realisasi hingga triwulan ke dua ini”  ungkap Fahmi.

Mantan camat Banggae Timur ini berharap agar pelaksanaan program kegiatan pembangunan sebagaimana yang telah ditetapkan dalam APBD tahun 2019 ini, tidak hanya berorientasi kepada terlaksananya kegiatan semata, tetapi harus di ukur seberapa besar manfaatnyasehingga mendorong aktifitas ekonomi masyarakat .

Hadir dalam rapat tersebut, Asisten II Setkab Majene, Anggota DPRD Majene Marzuki Nurdin, Para Pimpinan OPD, Kabag, Camat dan para lurah.

 

🔥198

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here