Pembukaan Festival Pesona Teluk Mandar (FPTM) Menyambut HUT Majene ke 474.

Menyambut perayaan HUT kabupaten Majene ke 474 pada 15 Agustus dan HUT Refublik Indonesia ke 74,  Pemerintah Kabupaten Majene menggelar Festival Pesona Teluk Mandar (FPTM) yang resmi dibuka 2 Agustus 2019, di Stadion Prasamya Mandar Majene.

Tarian empat etnis menjadi pembuka Festival Pesona Teluk Mandar yang dibawakan oleh sanggar ko’bianda kakau. Hadir dalam acara tersebut, Bupati Majene, Ketua DPRD & Wakil Ketua DPRD Majene, Dandim 1401 Majene Kapolres Majene, Para Pimpinan OPD, Para Camat, Kabag dan undangan lainnya.

 

Plh. Kadis Budpar Aris Munandar mengatakan, FPTM telah memasuki pelaksanaan tahun ke tiga. Ia berharap Festival tersebut  akan menjadi wahana dalam menggali nilai nilai budaya yang ada di Majene dan tanah Mandar pada umumnya. Seluruh kegiatan akan dilaksanakan mulai 1 Agustus s/d 20 Agustus 2019 mendatang.

Berikut jadwal kegiatan FPTM tahun 2019 :

  1. Tanggal 1 Agustus 2019 Pukul 19.30 wita s/d Selesai .Pembukaan Festival Pesona Teluk Mandar di Stadion Prasamya Mandar Majene.
  2. Tanggal 2-5 Agustus 2019 pukul 13.30 wita s/d Selesai. Pawai Budaya dan Pentas Seni di Assamaleuang dan Stadion Prasamya Mandar Majene.
  3. Tanggal 5 Agustus 2019 pukul 19.30 wita s/d Selesai. Pemilihan Tomakappa Tomalolo Mandar di Stadion Prasamya Mandar Majene.
  4. Tanggal 6 Agustus 2019 pukul 19.30 wita s/d Selesai .penutupan Festival Teluk Mandar serta penyerahan Penghargaan.
  5. Tanggal 7 Agustus 2019 pukul 10.30 wita s/d Selesai .Festival Bahari dan Kuliner bertempat di Ling. Labuang Kab Majene.
  6. Tanggal 13 Agustus 2019 pukul 08.30 wita s/d Selesai. ziarah Makam-Makam Nenek To kaiyyang Pudhung Buttu Kaluppang di Kec Malunda.
  7. Tanggal 14 Agustus 2019 pukul 15.30 wita s/d selesai . Gladi persiapan memperingati Hari Jadi Majene di Pendopo Rujab Bupati Majene
  8. Tanggal 15 Agustus 2019 pukul 10.00 wita s/d selesai . Sidang Paripurna DPRD Majene di rangkaikan Prosesi Adat Massossor benda-benda Budaya di Pendopo Rujab Bupati Majene.
  9. Tanggal 17 Agustus 2019 pukul 19.00 wita s/d selesai. malam Resepsi
  10. Tanggal 20 Agustus 2019 pukul 09.00 wita s/d selesai. Lomba Perahu Sandeq di pantai Labuang Kec Labuang Kab Majene.

 

Ketua Masyarakat Sejarawan Prov. Sulbar Drs. Darmansyah yang uga ketua DPRD Majene menjelaskan sejak, Tahun 1545 peradaban islam sudah menyentuh di Tanah Mandar. Hal tersebut menjadi salah satu inspirasi ditetapkannya Hari Jadi Majene. DPRD Majene sementara melakukan perubahan perda tentang hari jadi, karna didalamnya tidak ada penjelasan.  “Tgl 15 adalah tanggal pendirian afedelin Mandar, setelah berjalan peringatan 4 tahun HJM baru disadari bahwa tanggal 15 itulah dimulainya Pemerintah Kerajaan Belanda menjajah Mandar, sehingga akhirnya memutuskan untuk merubah tanggal HJM” ungkap Darmansyah.

Bupati Majene yang membuka FPTM tersebut mengajak masyarakat Majene untuk membangkitkan semangat untuk mencintai seni budaya, adat dan tradisi daerah dan melestarikannya. “ Event tahunan ini diharapkan dapat menjadi wahana menumbuhkan semangat dan motivasi menggali, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya yang hidup tumbuh dan berkembang di dalam kehidupan masyarakat”.

Selain itu ia berharap dimasa mendatang event Festival Pesona Teluk Mandar dapat menjadi salah satu daya tarik wisata yang berbasis budaya, dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke kabupaten Majene. Mantan Camat tersebut juga mengusulkan agar setiap sanggar kebudayaan yang tampil, diberikan  hadiah yang besar di FPTM ini, sehingga animo masyarakat dan pelaku seni tetap bertahan terutama bagi kaum millenial yang diharapkan tetap menjaga nilai nilai.

 

 

🔥549

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here