Workshop Reviewing dan Monitoring Rencana Aksi Daerah Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (RAD AMPL) Kabupaten Majene Tahun 2019.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  (Bapeda) Majene bersama Pokja AMPL dan Roms 15 Program PAMSIMAS III Kabupaten Majene menggelar workshop reviewing dan monitoring rencana aksi daerah air minum dan penyehatan lingkungan (RAD AMPL). Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang rapat Bapeda Majene 19 Agustus yang akan digunakan untuk mendisiminasi tahapan reviewing dokumen RAD AMPL dan pengintegrasiannya kedalam bebijakan daerah.

RAD AMPL berperan sebagai rencana pengembangan kapasitas daerah untuk perluasan program pelayanan AMPL serta pengadopsian pendekatan AMPL, berbasis (PAMSIMAS).  RAD MPL  menjadi acuan bagi program kegiatan yang akan dilaksanakan oleh OPD dan bertangung jawab untuk AMPL dan menjadi acuan Pemda Majene dalam pengembangan program AMPL.

Bupati Majene Fahmi Massiara yang membuka workshop tersebut mengatakan, target universal akses tidak akan tercapai apabila tidak di dukung dengan dengan dokumen perencanaan yang baik. Peyusunan program kebijakan daerah untuk program priorits air minum dan sanitasi jangka menengah bentuk RAD AMPL akan bermanfaat jika hasil penyusunanya dapat di gunakan dalam penyelanggaraan pengembangan air minum dan sanitasi di daerah. “ agar bermanfaat selain memiliki kualitas subsntansi yang baik RAD AMPL harus dapat dikomunikasikan dengan para pengambil keputusan perencanaan dam penganggaran “ ungkapnya. Sehingga lanjut Fahmi kegiatan dalam RAD AMPL tersebut mendapat dukungan dan kesepakatan sebagai program prioritas untuk dimuat dalam dokumen RPJMD, RKPD dan APBD. Tingkat keberhasilan integrasi ini di tunjukan oleh seberapa besar jumlah kegiatan yang di indikasikan dengan dana APBD dalam RAD AMPL menjadi kegiatan dalam RKPD dan APBD pada tahun berjalan.

Hadir dalam acara tersebut, Kadis PUPR, Kadis LHK, Kadis Perkimtan, Dinas PMD, Plt Dinkes Majene, LGS Pamsimas Provinsi Sulbar, pemandu workshop RAD AMPL Kab Majene, DPMU Pamsimas Kab Majene, DC dan Fasilitator Pamsimas  dan para tim penyusun RAD AMPL kab Majene.

 

🔥582

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here