Sosialiasasi Wawasan Kebangsaan Kabupaten Majene Tahun 2019.

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Majene kembali menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan Tahun 2019, Selasa 3 Desember 2019. Acara tersebut dilaksanakan di ruang rapat Wakil Bupati Majene, dengan menghadirikan dua narasumber, yakni Kapolres Majene dan Dandim 1401.

Bupati Majene Fahmi Massiara yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, wawasan kebangsaan atau wawasan nasional Indonesia, merupakan sebuah pedoman yang masih bersifat filosofia atau normatif.  Hal tersebut juga sebagai wujud dari rasa dan semangat kebangsaan yang melahirkan bangsa Indonesia. Akan tetapi situasi dan suasana lingkungan terus berubah sejalan dengan proses perkembangan kehidupan, Fahmi mengatakan wawasan kebangsaan dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan dan berbagai bentuk implementasinya.

Seperti dengan memahami serta mempedomani secara baik ajaran yang terkandung didalam konsepsi wawasan kebangsaan atau wawasan nasional Indonesia, yang akan menumbuhkan keyakinan dan kepercayaan dari setiap warga negara tentang posisi dan peran masing-masing ditengah masyaraat yang serba majemuk.  Mantan Camat Banggae Timur ini juga mengatakan, sebagai falsafah sekaligus cita-cita bangsa dalam pola pendidikan, diskusi seminar dalam tema wawasan kebangsaan merupakan solusi dalam memupuk, mengarahkan dan memberi pemahaman setiap warga negara dalam cara pandang tentang diri dan lingkungannya.” Dengan seminar, dan diskusi ini akan mempuk dan memberi pemhaman tentang diri dan lingkunganya” terangnya.

Ketua panitia juga mengatakan, kegitan sosialisasi tersebut, akan membangkitkan rasa dan semangat kebangsaan di kalangan masyarakat, guna mendorong percepatan pencapaian tujuan dan cita-cita nasional dalam rangka NKRI. Selain itu mewujdukan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan masyarakat, untuk dapat mengutamakan kepentingan nasional, dari pada kepentingan individu, kelompk, golongan suku bangsa atau daerah. Serta meningkatkan peran aktif masyarakat dalam mensosialsiasikan pentingnya wawasan kebangsaan dilingkungan masing-masing.

🔥30

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here