Focus Group Discussion (FGD) Portal ATS Provinsi Sulawesi Barat

Pj Sekertaris Daerah Majene Masriadi Nadi Atjo membuka kegitan Focus Group Discussion (FGD) perumusan kebijakan dan percepatan penanganan anak tidak sekolah (ATS) pemerintah Provinsi Sulawesi Barat Kamis 12 November 2020. Acara tersebut dilaksanakan di Ruang pola kantor Bupati Majene yang juga di hadiri para kepala OPD yakni, Kepala Bappeda, Kadisdikpora, Kadis PMD, Kadis PPPA, Kadis Sosial, dan para stakeholder pendidikan lainnya.

 

Dalam sambutannya Pj Sekda Majene Masriadi Nadi Atjo mengatakan, selain anak putus sekolah, persentase kasus stunting dan pernikahan anak usia dini masih menjadi focus Pemerintah Majene. Dari update ePPGBM per oktober 2020 persentase kasus stunting adalah 35,09 % yang sebelumnya 40,22 % atau mengalami penurunan sebesar 5,13 %. Angka tersebut masih dianggap cukup tinggi dan membutuhkan konvergensi antara stakeholder dalam percepatan pencegahan dan penurunan angka stunting, termasuk angka persentase pernikahan anak 13 % dan persentase anak putus sekolah di Majene sebanyak 360 anak.

Program Tangani Anak Total Anak Tidak Sekolah (Portal ATS) yang telah dilauching Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat merupakan wujud komitmen dalam pemenuhan  hak – hak anak usia sekolah dan  dapat menikmati layanan pendidikan yang layak tanpa halangan.

Untuk mendukung program Portal ATS, ia menyebutkan dibutuhkan data yang akurat mengenai kondisi pendidikan anak dengan melakukan pendataan disetiap desa dan kelurahan termasuk sinergitas semua pihak untuk menekan angka anak tidak sekolah di Majene. “ semua pihak harus bersinergi agar program tersebut sustainable mencapai target nasional 2030, semua anak menyelesaikan pendidikan sekolah dasar dan menengah secara gratis, setara dan berkualitas” ucapnya.

Masriadi juga berharap, kegiatan FGD yang berlangsung dua hari tersebut mampu menghasilkan rumusan kebijakan yang bermanfaat dan menjadi forum yang dapat membangun kesepahaman antara seluruh strakeholder yang terkait serta menjadi wadah evaluasi capaian kebijakan yang telah dilakukan secara bersama-sama.

🔥104

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here