Dipenghujung 2018 TPID majene terus aktif menjalankan program kerjanya. Setelah melakukan sidak pasar jelang natal dan tahun baru 2019, TPID Majene dibawah komando Fahmi Massiara langsung menggelar rapat koordinasi High level Meeting (HLM) di salah satu rumah makan, kompleks pasar sentral Majene 22 Desember pagi. Rapat koordinasi yang sedianya bakal diselenggarakan di ruang rapat Bappeda beralih di lokasi tersebut dengan alasan lebih efektif, efesien sekaligus dapat melibatkan pedagang sekitar.


Rapat Koordinasi yang di pandu ketua tim sekretariat TPID yang juga kepala Bappeda Andi Adlina Basaroe turut di hadiri wakil bupati, perwakilan dari Polres, Kepala BPS, Kepala Bulog, Asiten, Staf Ahli serta seluruh kepala OPD yang tergabung dalam TPID kabupaten Majene.

Saat memberikan sambutan Fahmi Massiara memberikan apresiasi yang tinggi bagi para anggota TPID yang telah melaksanakan Koordinasi lintas sektor dalam upaya pengendalian inflasi.

Fahmi menekankan agar kiranya TPID Majene tetap mengatisipasi potensi kenaikan harga menjelang natal dan tahun baru 2019, terlebih dengan adanya surat dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI untuk menjaga ketersediaan dan keterjangkauan harga.
Selain itu TPID Provinsi maupun Kabupaten diminta untuk melakukan langkah-langkah koordinasi, seperti pemantauan harga, stok dan kebutuhan bahan pokok seperti cabai merah bawang merah, bawang putih, dan komoditas lainnya. Lanjut Fahmi, agar melakukan tindakan korektif atas indikasi ketidak wajaran, kenaikan harga, gangguan distribusi, penimbunan dengan berkoordinasi dengan penegak hukum. Selain itu perlu untuk memutakhirkan data stok dengan mendorong distributor dan pelaku usaha melaporkan stok barang kebutuhan pokok.

“ini kita tinggal menghitung hari untuk pergantian tahun, kita tidak boleh lengah terkait stok kebutuhan pokok masyarakat dan ini tugas utama dari dinas pertanian bersama dinas yang menangani perdagangan” ujar fahmi .

Pada kesemptan ini kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Majene Syiahabuddin menyampaikan tingkat inflasi kabupaten majene. Tercatat pada bulan oktober Majene mengalami deflasi sebesar -0,11% inflasi year to year sebesar -0,03% dan pada bulan November infalasi sebesar 0,22% dan inflasi year to year sebesar 1,17%. (Irwan Susanto)

🔥56

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here